Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Dibedakan Dari Lamanya Waktu, Bagian Tubuh Dan Etiologi Yang Harus Diketahui Sebagai Langkah Awal Dalam Mencegah Timbulnya Risiko Berbahaya Yang Kemungkinan Terjadi Akibatnya

Perbedaan Nyeri Otot Berdasarkan Waktu, Bagian Tubuh Dan Proses Terjadinya

  1. Berdasarkan Lamanya Waktu

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui .- Untuk nyeri otot yang timbul berdasarkan lamanya waktu terjadi terbagi kedalam 3 jenis nyeri otot, seperti berikut:

  • Nyeri Otot Akut, tipe nyeri otot yang satu ini terjadi selama kurang dari atau sampai dengan 2 minggu. Nyeri otot yang satu ini sangat umum terjadi akibat aktivitas atau olahraga yang dilakukan secara berlebihan tanpa menghiraukan aturan yang seharusnya dilakukan. Untuk pengobatannya, nyeri otot akut ini bisa diatasi dengan melakukan terapi pijat atau relaksasi otot yang dilakukan secara rutin dan teratur.
  • Nyeri Otot Sub-akut, jenis nyeri otot selanjutnya yaitu nyeri otot sub-akut yang mana merupakan suatu gangguan pada otot yang terjadi selama kurang dari 3 bulan dan lebih dari 2 minggu. Nyeri otot sub-akut ini dikenal juga sebagai gangguan otot yang terjadi diantara nyeri otot akut dan nyeri otot kronis.
  • Nyeri Otot Kronik, untuk nyeri otot kronik ini biasanya terjadi lebih dari 3 bulan yang mana secara tiba-tiba menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu bagian otot tersebut, terutama pada saat melakukan aktivitas yang tergolong sangat berat. Beda halnya dengan kedua jenis nyeri otot diatas, nyeri otot kronik ini bisa terjadi pada seseorang yang sebelumnya telah mengalami nyeri otot akut namun sering kali mengabaikan rasa sakit yang timbul atau dalam kata lain tidak melakukan upaya pengobatan dengan segera.
  1. Berdasarkan Bagian Tubuh Yang Terserang

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui .- Setelah mengetahui jenis nyeri otot yang dibedakan menurut lama waktu terjadinya, kini saatnya kita mengetahui berbagai macam nyeri otot yang dibedakan berdasarkan bagian tubuh yang terserang. 3 bagian tubuh manusia yang sering mengalami nyeri otot, diantaranya :

  • Nyeri Pada Bagian Dada, banyak yang mengira bahwa rasa nyeri yang timbul pada bagian dada ini merupakan gejala awal dari penyakit jantung, namun tidak menutup kemungkinan bahwa rasa nyeri ini bisa jadi merupakan akibat dari aktivitas berlebihan yang menyebabkan otot dada menegang. Penegangan ini yang memaksa semua otot bagian dada melakukan aktivitas lebih banyak dari biasanya.
  • Nyeri Pada Bagian Perut, bagian tubuh kedua yang berisiko tinggi mengalami nyeri otot adalah bagian perut. Tidak sedikit orang yang melakukan olahraga perut untuk mengurangi kadar lemak yang terdapat didalamnya. Nyeri pada bagian otot ini biasanya dianggap sebagai suatu masalah yang terjadi pada lambung yang menyebabkan banyak masyarakat tidak menyadari kalau sebenarnya nyeri perut yang terjadi itu merupakan akibat dari adanya masalah yang pada bagian otot dalam perut.
  • Nyeri pada bagian tungkai, tungkai adalah salah satu organ tubuh yang terdapat pada bagian kaki dari lutut ke bawah. Tungkai ini berperan sebagai rangka gerak yang membantu manusia melakukan gerakan pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, berjalan atau mungkin melakukan gerakan lainnya. Nyeri yang timbul pada bagian otot ini biasanya terjadi akibat dari melakukan olahraga berat yang berlebihan dan biasanya dianggap sebagai hal biasa sehingga membuat orang yang menderitanya tidak segera melakukan pengobatan baik untuk mengatasi maupun mencegah timbulnya nyeri otot tersebut.
  1. Berdasarkan Etiologi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, etiologi merupakan suatu cabang ilmu kedokteran yang membahas tentang sebab dan asal mula timbulnya suatu penyakit pada seseorang. Berdasarkan etiologi, nyeri otot ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu :

  • Nyeri Nosiseptif, merupakan suatu keadaan yang mana nyeri pada bagian otot ini berasal dari adanya peradangan yang dihasilkan dari proses rangsangan kimia, mekanik atau suhu yang menyebabkan sensitivitas pada nosiseptor perifer.
  • Nyeri Neuropatik, kondisi nyeri otot yang satu ini bisa dikatakan sebagai kondisi lanjutan dari nyeri nosiseptif diatas. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan nyeri neuropatik adalah salah satu jenis nyeri otot yang terjadi akibat dari adanya kerusakan pada bagian saraf perifer dan saraf pusat (saraf aferen sentral dan perifer) yang membuat penderitanya merasakan panas dengan sensasi terbakar dan nyeri yang menusuk bagian otot tersebut. Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Dari pembagian nyeri otot diatas, mungkin ada salah satu jenis nyeri otot yang pernah anda alami. Untuk mengatasi timbulnya berbagai nyeri otot diatas, anda bisa menggunakan suatu terapi pengobatan yang mana menggunakan Sehat Sendi sebagai obat nyeri otot alami yang ampuh tanpa efek samping.

Dengan rutin mengkonsumsi sehat sendi tersebut, diharapkan nyeri otot yang kerap sekali terjadi dan mengganggu semua aktivitas yang anda lakukan, bisa sembuh secara total tanpa menyebabkan suatu kerusakan pada bagian yang terkait. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat..

Baca Juga :

Posted By :

Jenis-Jenis Nyeri Otot Yang Harus Diketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*